Skip to main content

Surat izin Usaha Perdagangan Bahan Bcrbahaya untuk

Ketiga, pangan yang mengin dung bahan tersebut menampakkan rampilan fisik yang memikat.

Kemat n pat, tidak menimbulkan efek negatif seketika.

akh dal rekan ke Kelima, informasi bahan berbahaya tenebut relacif terbatas, dan pelh penggunzannya teluh dipraktekkan secara turun-temurun.

Oleh kaenaeuby irulah kita sebagai konsumen hendaknya perla berhuci-haci dalam memilih -ba produk pangan antara lain dengan mengenal ciri-ciri produk pangan yang djng bahan terflarang Misalnya, taha yang menigandung formalln aTuk fuk yang terlampau kes, kenyal narmun ridk pd buu agak menyerpt (bak tormalin), tidk r smpai 3 ha bsC) dan bertahan lebsh dari 15 hari pada sabu lemari padar, hari pada subu lemari s (0C) ain dapat ditempuh dilkm hal sulit unnk wenentakan lamar as fesk produl: pangan yang mengandang bahan Limia yang teria ot-an membeli dari tokol passr swalayan yang bereputasi baik roduk dimaksud telah terdaftar.

Di samping TL, uau mengecck apulah p araadapar mencari inlormasi tentang balhan berbalaya dari berba- ng tersedia antara lain: melalul media elekuronik (TV, radio, incermet), media cetak (koran, lcaflet, booklet, poster) atau komunvdasi lingsung melalui penyuluhan, seminar dan ain scbagalnya.

Dengan de mkian, secara perlahan diharapkan torjadi perubahan perilaku dari mere a yang tidak ahu menjadi tahu dan dapat menggugh koadaran mercka chingga mau dan mampu untuk melakulan pengamanan paling tidak untuk lingkungan keluarganya sendiri.

Kemat n pat, tidak menimbulkan efek negatif seketika

Pada gilirannya akan terbentuk HEtu budaya yang menonjolkan perilaku kehidupan yang aman Cuficry aliure) di tengah masyarakat.

Pemerintah dalam hal ini Badan POM bersama jajarannya yairu Balai Bear POM/ Balai POM secara rutin melakukan pengawasan dan peng- ananan termasuk melakulan sampling terhadap scjumlah sampel yang diduga mengandung bahan berbalaya antara lain: tahu, mic basah, keru pak, ikan asin dan sebagainya untuk dilakukan uji lboratorium terhadap produk produk terscbut, setta melakukan tindakan pengamanan yang Dalam rangla meminimalisir praktek penggunaan bahan kimia yang saah dalam pangan maka Badan Pengawas Obat dan Makanan tidak dapat mclakulannya sendiri.

Terdapat scjumlah aspek yang bulkan meru- palan kewenangan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Salah saru danaranya adalsh pengaturan di bidang tata niaga dan distribusi bahan a yang merupakan kompetensi dari Departemen Perdagangan.

emen Perdagangan telah menerbitkan Peraturan ntei Prdagangan RI No.

04/M Dag Per/2/2006 tentang Distribusi dan Pengawasan Bahan Bcrbahaya, yang diamandemen dengan Peraturan Menteri Perdagangan No.

8/M-DAG/PER/6/2006.

Peraturan ini ditetapkan dengan maksud agar kasus penggunaan yang salah (misuse) bahan berbahaya pada pangan dapat dicegah atau paling tidak dikurangi dengan cara mengendalikan pasokan bahan berbahaya tersebut melalui mekanisme distribusi yang jelas.

Surat izin Usaha Perdagangan Bahan Bcrbahaya untuk

Dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa yang boleh memproduksi bahan berbahaya di dalam negeri adalah perusahaan yang sudah memiliki izin sebagai Produsen Bahan Berbahaya (PBZ) dan PB2 hanya boleh menyalurkan bahan berbahaya kepada Pcngguna Akhir Bahan Berbahaya (PABZ) atau melalui Distributor Tcrdaftar Bahan Berbahaya (DTBZ).

Selanjutnya, bahan berbahaya boleh diimo por oleh Importir Terdaftar Bahan Berbahaya (ITBZ) yang berhak mendistribusikan secara langsung kepada PABZ.

Importasi bahan berbahaya jug: boleh dilakukan oleh Importir Produsen Bahan Berbahaya (IP82) untuk kcpentingan produksinya scndiri.

DTB2 hanya bolch mcny'alurkan bahan berbahaya kepada PAB2 dan Pengeccr tcrdaftar Bahan Bcrbahaya (PTB) dan PTB2 hanya boleh mcnyalurkan bahan bcrbahaya kcpada PABZ.

Surat izin Usaha Perdagangan Bahan Bcrbahaya untuk DTB2 dan PTBZ dikeluarkan oleh Direktur ]enderal Pcrdagangan Dalam Ncgcri, Dev partemen Perdagangan dan gubcrnur di propinsi PTB2 tcrscbut bcradz Pembinaan dan pengawasan tcrhadap IPBz, ITB), DTBz, PTB2 dilakukan oleh Departemen Pcrdagangan berkoordinasi dengan departcmcn/insransi yang terkait.

Pada peraturan mcntcri tcrscbut, diatur 54 jenis bahan ber bahaya yang dilarang penggunaannya dalam pangan.

Comments

Popular posts from this blog

Aqiqah Bandung Selatan : The Expandable Fest

The Expandable Fest Pesta makan malam dimulai bertahun-tahun yang lalu di loteng yang belum selesai di industri Brooklyn: ayam yang dimasak dalam oven balky dan disajikan di atas meja tua yang digedor seseorang yang ditemukan di jalan. Saya dan istri saya belum menikah, tidak memiliki anak, tetapi sudah, sepertinya, dalam proses membangun semacam rumah, jenis yang ingin kami tinggali, di mana selalu ada sesuatu terjadi di dapur, selalu ada banyak orang yang sibuk tentang dan selalu ada kursi tambahan untuk siapa pun yang ada di sekitarnya: teman-teman dari kampus, dari tempat kerja, dari bar. Kami akan menelepon pada akhir pekan pagi: Anda bebas untuk makan malam? Kemudian buat salad untuk ditemani daging, panggang kentang dengan bawang dan rosemary, geser beberapa baguette ke atas meja, sajikan banyak anggur. Kami melakukan ini cukup sering sehingga makan tidak hanya menjadi rezeki sederhana tetapi juga semacam pesta mingguan bergulir yang terdiri dari enam orang, delapan, 10, infor

Sewa Bus : Panduan A hingga Z ke Maroko

Panduan A hingga Z ke Maroko Maroko sangat beragam dan indah. Pengalaman unik berlimpah di seluruh negeri memastikan ada sesuatu untuk dinikmati semua orang. Pakar perjalanan, Ashling, membimbing kita melalui A sampai Z dari semua yang perlu diketahui tentang tujuan yang menakjubkan ini. Selama kunjungan baru-baru ini ke Maroko, saya benar-benar jatuh cinta dengan negara itu dan begitu terpesona oleh betapa beragam dan briliannya negara itu. Sempurna untuk pasangan yang bepergian tetapi saya juga sangat terkejut mengetahui betapa hebatnya pengalaman itu bagi keluarga juga. Untuk membantu Anda merasakan Maroko dan semua yang ditawarkan, berikut ini adalah panduan A to Z saya untuk Maroko. Kerajinan tangan ... Saya seorang fanatik desain dan di mana-mana Anda melihat di Maroko, dari interior di hotel Anda, ke daerah-daerah di sekitar Madinah di Marrakech, Anda dapat melihat desain paling rumit yang dibuat oleh para pengrajin Maroko. Sudah pasti layak untuk mengunjungi spa Royal Man

Pertanyaan orangtua tentang pengisapan

Ketika bayi S KEIMA 209 menggigit, yang membutuhkan lebih sedikit usaha dan koordinasi daripada mengisap payudara ibunya. Sayangnya, kadang-kadang ini juga mengajar bayi untuk menggunakan otot-otot mulut secara keliru. Anda boleh menawarkan empeng sejak Hari 1, tetapi bersiap- lah untuk berhenti menggunakannya untuk sementara jika bayi Anda mengalami kesulitan dalam menyusu. Saya menganjurkan Anda untuk tidak menawarkan botol susu sampai bayi berusia dua minggu dan relasi menyusui sudah terbentuk dengan benar Sesudah itu Anda boleh memberinya botol. Kebanyakan ibu meng isi botol dengan ASI, air, air glukosa, atau teh peppermint ataru camomile yang tidak mengandung kafein. Pertanyaan orangtua tentang pengisapan Jangan menunggu sampai satu atau dua bulan sebelum Anda memperkenalkan botol. Orangtua yang melakukan hal ini sering- kali terkejut menemukan bayinya menolak puting buatan. Pencemaran bahan kimia Belilah empeng silikon daripada karet yang kuning. Karet kuning ini